Papeda, Makanan Khas Tidore

Papeda, Makanan Khas Tidore
Kota Tidore adalah salah satu tujuan utama Bangsa Portugis saat menjajah Indonesia dulu. Selain karena bahan-bahan mentah, rempah-rempah juga menjadi salah satu alasan mengapa bangsa Portugis datang ke Indonesia. Kota Tidore berada di Provinsi Maluku Utara dan beribu kota di Soasio. 

Kemerdekaan kota Tidore dari jajahan bangsa portugis jatuh pada tanggal dua belas April 907 tahun yang lalu. Kota Tidore dikenal sebagai kota yag asri dan bersih, terbukti dari kemenangan adipura tiga kali berturut-turut. Selain bersih, Tidore juga masih memegang teguh adat istiadat. Oleh karena itu kejadian-kejadian mistis di pelosok desa sudah dianggap biasa oleh masyarakat kota Tidore.

Kuliner di Tidore memiliki cita rasa yang khas lidah timur. Dan terkadang karena cita rasa ini, pendatang dari Indonesia bagian barat sedikit kurang suka dengan makanan khas Tidore. 

Salah satunya papeda. Papeda adalah makanan wajib bagi masyarakat Tidore yang terbuat dari tepung sagu dan disajikan bersamaan dengan kuah kuning atau kuah soru. Papeda biasanya disajikan ketika sedang kumpul keluarga atau sebagai sajian di pernikahan-pernikahan.

Papeda memiliki tekstur seperti lem namun tidak lengket saat dimakan bersamaan dengan kuah kuning. Memakan Papeda akan terasa lebih nikmat bila tidak menggunakan sendok. Selain kuah kuning, pisang rebus juga merupakan menu wajib pendamping papeda. 

Bila Anda berkunjung ke Tidore tanpa merasakan makanan yang satu ini, setidaknya lihatlah bentuknya.

No comments:

Post a Comment